BPPT Ciptakan Kompor Baru Untuk Tanggulangi Ledakan Tabung Gas Elpiji


Ih, ngeri juga melihat berita akhir-akhir ini tentang kompor gas yang meledak. Ternyata kasus meledaknya tabung elpiji cukup banyak, sehingga rencana saya untuk membeli kompor gas pun terpaksa dibatalkan gara-gara khawatir jadi korban.

Entah apa penyebabnya. Apa mungkin pengguna kompor gas yang ceroboh atau konstruksi kompor gas yang semakin hari semakin murah namun semakin kurang reliable dari sisi keamanannya? Yang jelas ledakan gas elpiji sangat berbahaya, sehingga harus cepat dicari solusinya.

Nah, untuk mengatasi masalah ledakan gas elpiji ini, katanya Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau biasa disapa BPPD telah menciptakan sebuah konsep kompor gas yang dijamin aman dari ledakan gas elpiji. Desain kompor gas baru ini tinggal menunggu persetujuan dari Wapres.

Kompor desain BPPT tersebut seratus persen berbeda dengan kompor yang sekarang beredar di masyarakat. Di kompor baru ini tidak ada selang penghubung antara tabung dengan kompor sehingga pengguna hanya mengatur sambungan antara katup dengan regulator. Ini memungkinkan berkurangnya human error yang bisa menyebabkan kebocoran gas.
Share: