Blogger Stats: Statistik Blog Langsung di Dashboard Anda


Baru-baru ini tim Blogger mengirimkan email yang memberitahukan bahwa ada fitur baru, yaitu Blogger Stats. Fitur ini berfungsi menampilkan statistik blog secara hampir real-time, langsung dari Dashboard. Meskipun untuk saat ini belum tersedia di Dashboard normal, tapi Blogger Stats dapat diakses lewat Blogger in Draft.

Tampilan Blogger Stats

Kelebihan (asyiknya) Blogger stats ini adalah:

1. Tidak perlu pakai kode macam-macam yang dimasukkan ke template.
2. Loadingnya cepat. Untuk yg koneksi internetnya lambat seperti saya, membuka Google Analytics atau situs statistik lain sering bikin sakit hati.
3. Tampilannya sederhana, tidak rumit, mudah dimengerti.
4. Update statistik hampir real-time.

Blogger Stats memberikan data-data penting mengenai performance blog anda. Posting yang dikunjungi, sumber traffic, negara asal pengunjung, dan keywords yang digunakan untuk menemukan blog atau postingan anda.

Fitur Blogger Stats membuat kita lebih mudah mengoptimasi blog karena tidak perlu repot-repot membuka situs lain untuk menganalisa statistik blog. Data-data yang disajikan sangat mudah dimengerti, kita bisa langsung paham dimana kelebihan atau kekurangan blog kita, sehingga bisa lebih leluasa melakukan optimasi.

Walaupun semua data penting mengenai blog anda sudah tersedia di Blogger Stats, tapi kalau untuk data-data yang lebih detail, tentu saja lebih baik menggunakan Google Analytics. Tapi kalau untuk kebutuhan optimasi sehari-hari, data yang disediakan di Blogger Stats sudah mencukupi.

Nah, bagi anda blogger yang menggunakan platform Blogger, langsung saja meluncur ke Blogger in Draft.
Share: