Gaji 13 Sangihe dan Sitaro Cair, Rp. 498 Juta Tersalur


Pembayaran Gaji 13 PNS di Pemkab Sitaro yang disalurkan sejak Rabu 23 Juni 2010 resmi diterima PNS. Hingga kemarin sudah 6 SKPD yang Gaji 13-nya disalurkan Pemkab Sitaro ke bendahara SKPD yang langsung dibayarkan ke PNS. Keenam SKPD tersebut yakni Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Inspektorat, Perpustakaan, KDH dan Bappeda.

"Hingga hari ini, total Gaji 13 yang disalurkan untuk 6 SKPD ini mencapai Rp. 498,7 juta" ujar Kadis PPKAD Sitaro Dra. Novia Tamaka.

Menurutnya berkas SKPD lainnya yang sudah masuk ke dinas PPKAD sementara diproses untuk pencairan dana di Bank Sulut.

"Penyaluran Gaji 13 ini akan dipercepat. Paling lambat pekan depan semua gaji 13 PNS sudah disalurkan" kata Tamaka.

Sejumlah PNS saat dimintai tanggapannya mengakui bahwa Gaji 13 sudah diterima.

"Syukur Gaji 13 sudah kami terima" ungkap Ardiyasti Duma PNS Humas Pemkab Sitaro dan PNS lainnya di dinas PPKAD.

Bupati Sitaro Toni Supit SE, MM didampingi Sekkab Drs. JH Palandung, MSi, meminta ke seluruh PNS agar memanfaatkan Gaji 13 ini dengan baik.

"Sebaiknya Gaji 13 ini digunakan untuk membeli kebutuhan sekolah anak dan kebutuhan hidup keluarga" pinta Supit dan Palandung.

Sementara itu, di Sangihe, rencana awal Pemkab merealisasikan pembayaran Gaji 13 bagi 4.339 PNS Sangihe Rp. 12,1 Milyar pada awal bulan Juli dipercepat.

"Saya sudah perintahkan ke dinas PPKAD untuk segera membayar Gaji 13 PNS pada Juni. Jadi mulai hari ini penyaluran dan pembayaran Gaji 13 sudah dilaksanakan' ujar Bupati Sangihe Drs. W. Salindeho.

Menurutnya, pencairan gaji 13 PNS ini dilakukan secara cepat dalam rangka memenuhi kebutuhan PNS.

Kadis PPKAD Sangihe Drs. J.R. Matheos, MSi lewat Kabid Perbendaharaan PPKAD Abednejo Hapendatu, SPd mengakui hal tersebut.

"Hingga saat ini sudah 6 SKPD yang Gaji 13-nya disalurkan. SP2D sudah dibawa ke Bank Sulut untuk ditukarkan dengan uang dan dibayarkan ke PNS" ujar Hapendatu.

6 SKPD yang sudah dicarikan adalah Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD), Dinas Tata Kota, Kantor Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Ketahanan Pangan dan Dinas Kelautan dan Perikanan. (Koran Manado Pos)
Share: