Dedicated Hosting or Free Blogger Hosting?


blogger hostingSetelah beberapa bulan lamanya sejak ditendang dari web hosting, terpaksa saat ini menggunakan hosting gratis dari Blogger. Ada untung dan ada ruginya juga.

Untungnya, karena Blogger memberikan web hosting gratis dengan kekuatan super, seberapa banyak pengunjung perhari pun tak masalah.

Waktu awal hebohnya video Luna Maya dan Ariel Peterpan, salah satu blog yang dihosting di Blogger mencapai lebih dari 100 ribu pengunjung perhari, dan tampaknya tidak ada masalah. Coba kalau menggunakan web hosting murahan, pasti jebol dan langsung di suspend.

Ruginya hosting di Blogger yah tak bisa pakai script macam-macam. Berbagai fasilitas untuk SEO ataupun mempercantik blog terpaksa harus dilakukan secara manual karena memang interface yang digunakan adalah Blogspot.

Tambah lagi, Blogger sedang gencar-gencarnya melakukan ban account, entah apa alasannya. Sampai saat ini sudah 3 kali account Google-ku di ban oleh Blogger dan terpaksa diaktifkan dengan menggunakan nomor handphone.

Tapi begitulah nasib menggunakan jasa hosting gratis, harus menerima konsekuensi.

Beberapa hari ini berencana untuk menyewa hosting lagi, yang lebih kuat dari hosting yang lalu serta tak banyak omong kosongnya. Mungkin lebih baik kalau langsung sewa VPS atau dedicated server. Sayang, duit di PayPal belum cukup untuk menyewa dedicated server.

Nanti, kalau banyak rejeki yang masuk ke PayPal, mudah-mudahan cita-cita untuk menyewa dedicated server bisa tercapai.
Share: