Kecepatan Situs Jadi Faktor Google Rank


Kecepatan Situs Jadi Faktor Google RankMenjelang berakhirnya tahun 2009, isu mengenai kecepatan situs yang akan dijadikan salah satu faktor dalam ranking Google di tahun 2010 semakin merebak. Matt Cutts, salah seorang tukang sapu di Google mengatakan sebagai berikut:

"Historically, we haven't had to use it in our search rankings, but a lot of people within Google think that the web should be fast," kata Cutts. "It should be a good experience, and so it's sort of fair to say that if you're a fast site, maybe you should get a little bit of a bonus. If you really have an awfully slow site, then maybe users don't want that as much."
Secara pribadi, saya berpendapat bahwa hal ini wajar. Kita semua tentu sering kesal kalau membuka situs yang loadingnya minta ampun lamanya. Apalagi kalau ngenetnya dari warnet, satu jam habis, hal yg dicari belum didapat.

Kalau faktor kecepatan situs ini diimplementasikan, tentu akan banyak perubahan besar yang akan terjadi, terutama dalam urusan memilih web hosting. Website dengan kampanye SEO yang ekstreme pun bisa kalah bersaing dengan website yang menggunakan SEO ala kadarnya jika kecepatan loading halaman situsnya berbeda.

Anda tentu tahu bahwa kecepatan situs tidak hanya ditentukan oleh hosting saja. Terutama bagi yg menggunakan engine blog, penggunaan widget dapat berpengaruh besar terhadap loading time. Begitu juga dengan iklan yang dipasang di situs. Dulu saya pernah merasa kesal dengan iklan Adsensecamp karena servernya yang lambat berpengaruh terhadap loading time situs saya yg dipasangi iklan mereka.

Kalau soal hosting, tentu para Blogger.com mania akan bersorak karena tidak perlu pusing mengenai hal itu. Tanpa perlu mengeluarkan uang sewa hosting, pengguna Blogger.com sudah mendapatkan hosting dengan kemampuan setara (atau malah lebih baik?) dengan best dedicated hosting yang harganya bikin kening berkerut. Kalau dipikir-pikir, soal kecepatan loading website ini malah menjadi bonus yang menguntungkan bagi para blogger yg indekost di Blogger.com.

Yang bakalan pusing kalau faktor ini diimplementasikan tentu saja salah satunya adalah saya yang cuma menggunakan hosting sekelas best budget hosting. Secara umum performancenya memang lumayan, tapi kadang-kadang sering dudutz juga, apalagi kalau banyak pengunjung yg online secara bersamaan.

Sekarang tinggal menunggu apakah benar kecepatan loading website akan benar-benar dijadikan salah satu faktor penentu ranking Google, dan seberapa penting peranannya dibanding faktor-faktor yang lain.
Share: