Berawal Dari Kaleng Mentega Bekas


Berawal Dari Kaleng Mentega Bekas
Saya miris kalau mengingat atau melihat kembali kata-kata dari beberapa orang "master" atau "guru" internet yang mengatakan bisa mendapat uang puluhan juta perbulan dari internet tanpa perlu bekerja. Kenyataannya? Mendapatkan uang puluhan atau bahkan ratusan juta perbulan dari internet memang bisa, tapi itu tidak akan terjadi TANPA kerja keras dan usaha, kecuali jadi seorang penipu (menipu pun butuh usaha bukan?). Saya pun, belum mencapai tahap tersebut. Bahkan untuk mencapai titik yang 'aman' pun belum. Tapi saya akan terus berusaha melewati jalan yang sungguh teramat sulit itu.

Saya tetap ingat betapa sulitnya saya berusaha membangun pondasi di internet. Terus terang, saya tidak memiliki modal uang sama sekali untuk menyewa web hosting. Yang saya miliki hanyalah keinginan untuk terus belajar dan berusaha.

Saya memulainya dengan sebuah kaleng mentega bekas. Setelah menggali ilmu di sana-sini, setahun kemudian kaleng mentega bekas itu berubah menjadi internet yang hampir gratis (setelah hampir 3 tahun, akhirnya menjadi gratis karena sedikit kemujuran hehehe).

Dengan adanya internet hampir gratis 24 jam, saya pun membuat 1 (satu) buah blog gratis di Blogger.com. Sama sekali buta soal SEO dan Blog Monetizing, saya terus jalan sambil belajar. Setahun kemudian, blog itu memberikan dolar pertama saya dari internet, lewat jualan link. Jumlahnya memang sangat kecil, hanya memenuhi batas transfer minimum PayPal untuk tidak terkena biaya saat transfer ke rekening bank.

Dengan menerapkan ilmu SEO yang dipelajari sedikit demi sedikit, pengunjung blog semakin meningkat dan saya mencoba berbagai alternatif untuk Blog Monetizing. Kurangnya pengetahuan membuat saya melakukan kesalahan saat mendaftar di Google Adsense. Saya diterima, tapi sebagai International Publisher. Itu berarti saya hanya bisa menampilkan iklan Adsense di Feed dan Search saja. Tak putus asa, saya pun mencoba berbagai alternatif lainnya dan dalam proses tersebut, tanpa sengaja menemukan cara untuk menampilkan iklan Adsense di halaman blog.

Butuh waktu hampir satu tahun sampai saya menerima gaji pertama dari Adsense, setelah beberapa bulan sebelumnya menerima kiriman PIN dari Google. Ini tentu saja menjadi pemicu semangat untuk berusaha lebih keras lagi. Saya pun menghentikan semua aktifitas lain di internet (termasuk berhenti main game 9Dragons online, berhenti download film dan berhenti nonton video bokep 3gp) dan berkonsentrasi meningkatkan pengunjung blog dan CTR.

Setelah menerima pembayaran Adsense secara rutin, dolar dari jualan link dapat saya sisihkan untuk dijadikan modal untuk membeli domain dan menyewa hosting sendiri. Memang sih, belum sampai mampu untuk menyewa Dedicated Hosting karena selain harganya mahal, juga belum dibutuhkan. Tapi setidaknya impian saya dan kawan-kawan penulis Manado bisa tercapai, yaitu membeli domain Sastramanado.com.

Lumayanlah, tidak sia-sia mengobrak-abrik search result Google mencari hosting guide yang dapat dipercaya. Sampai saat ini saya masih puas dengan layanan hosting yang saya pakai untuk menaruh domain-domain yg saya beli, termasuk Sastramanado.com.

Dengan usaha keras yang membuat saya hanya tidur 3 jam sehari, alhasil hanya dalam beberapa bulan pendapatan meningkat berkali-kali lipat sehingga saya bisa main game 9Dragons lagi walaupun sudah tidak mendownload film dan nonton bokep 3gp karena koneksi internet gratis ini makin payah saja.

Tiba-tiba, badai dan gelombang datang menghantam...
Share: