Periksa Data Pribadi Anda di Google Dashboard


google dashboardGoogle, mesin pencari video mesum dan gambar bugil terbesar di internet sering menuai kritik karena mengumpulkan dan menyimpan data dari penggunanya. Banyak orang khawatir dan tidak nyaman karena vidio panas apa pun yang mereka lihat pasti dicatat dan disimpan oleh Google. Menanggapi kritik yang makin memanas ini, Google memutuskan untuk memberikan cara yang mudah bagi pengguna untuk mengetahui informasi apa yang disimpan Google dari account mereka.

Pada konferensi pers tertutup di Spanyol, Eropa Kamis lalu, Google memperkenalkan layanan baru yang disebut Google Dashboard yang menampilkan rangkuman data pengguna yang disimpan dari berbagai layanan Google seperti Gmail, Picasa Web Album, Web History, Checkout, Reader dan YouTube. Pengguna akan dapat menyesuaikan pengaturan privasi untuk berbagai produk Google secara langsung dari Dashboard ini.

Sebelumnya, pengguna memang bisa mengakses data account mereka yg disimpan Google lewat bagian setting di tiap layanan. Fungsi Dashboard ini hanyalah mengumpulkan semua informasi tersebut dalam satu halaman sehingga dapat dikelola dengan mudah oleh pengguna.

Google Dashboard ini menawarkan transparansi dan kontrol kepada pengguna terhadap data-data pribadi mereka. Dashboard untuk Gmail, misalnya, akan memberikan daftar jumlah percakapan di inbox anda dan jumlah total percakapan di account Anda, dan juga berapa banyak sesi obrolan yang disimpan. Link untuk mengubah pengaturan akan dengan mudah diakses. Yang paling mengerikan saat mengakses Dashboard ini adalah saat melihat browsing history. Hiii... semua yg diketik di search engine Google dan situs-situs yg diklik semuanya tercatat di situ. Ampun deh...

Tapi walaupun Google Dashboard memberi kendali kepada pengguna atas data-data pribadi yang disimpan Google, itu tidak benar-benar mencegah Google untuk tetap melacak aktivitas seluruh pengguna internet. Hampir semua pengguna internet selalu membuka Google untuk mencari situs yg mereka tuju. Dan sangat banyak juga situs-situs yg menggunakan layanan Google seperti misalnya Analytics. So, ini membuat saya jadi bertanya-tanya, jangan-jangan apapun yang kita lakukan di internet diketahui, dicatat, dan disimpan oleh Google. Ngeri juga, apalagi kalau misalnya data itu dijual kepada alien dari planet lain sebagai bahan referensi penyelidikan terhadap manusia bumi. Bisa gawat...

Oh iya, alamat Google Dashboard adalah:
http://www.google.com/dashboard
Share: