Internet (tidak) Gratis TelkomHotSpot


Kalau sudah terbiasa dengan internet gratis, sulit rasanya kalau sehari saja tidak mengarungi dunia internet gratis. Kebutuhan akan internet gratis pun menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Dari semua layanan internet gratis yang pernah aku coba, yang paling mencengangkan adalah TelkomHotSpot. Tapi itu dulu...

Waktu pertama kali diluncurkan, koneksi internet gratis TelkomHotSpot memiliki kecepatan sampai 2 Mbps, yang berarti kecepatan transfer datanya mencapai 240KB/s. Dengan harga Rp. 25 ribu untuk akses internet gratis selama 4 jam, TelkomHotSpot terbilang sangat memuaskan. Kecepatan download bisa sampai 250KB/s, sehingga untuk mendownload film mesum pun sangat mudah. Dibandingkan dengan warnet di sini yang umumnya Rp. 6000 per jam namun kecepatannya hanya 256 Kbps, TelkomHotSpot menjadi pilihan yang jauh lebih baik.

Tapi itu dulu...

Entah apa sebabnya, sekarang kecepatan TelkomHotSpot diturunkan secara drastis, menjadi 512Kbps. Itu pun kecepatannya tidak optimal 512Kbps, karena kecepatan downloadnya saja cuma 10-15 KB/s, mujur-mujuran bisa dapat 30-40 KB/s. Belum lagi gangguan jaringan yang sering melanda, putus koneksi, melambat, tidak bisa login, dst...dst...dst... Kalau dulu koneksi internet gratis TelkomHotSpot terasa berapi-api, sekarang tidak lagi. Jangankan berapi-api, berair-air pun tidak.

Memang, harganya sekarang diturunkan juga menjadi Rp. 4000 perjam. Tapi apalah artinya harga murah kalau layanannya juga murahan. Internet gratis merupakan kebutuhan, dan yang dibutuhkan adalah layanan yang mampu memenuhi kebutuhan itu. Mungkin ini sesuai dengan motto Telkom, yaitu "Telkom, committed suicide..."

Terus terang, kekaguman saya terhadap TelkomHotSpot sekarang berubah menjadi kekecewaan. Mau tidak mau, terpaksa mencari layanan internet gratis yang lebih baik.
Share: